Hadiah Jutaan Rupiah Menanti Peserta Terbaik MTQ Tingkat Provinsi Sultra

Berita, Kendari111 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan hadiah jutaan rupiah untuk para peserta terbaik Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tahun 2022.

Sekretaris Dewan Hakim, Dariodi mengatakan, para peserta masing-masing cabang perlombaan akan memperoleh uang pembinaan. Masing-masing untuk juara satu sebesar Rp 15 juta, juara kedua Rp 10 juta, dan juara ketiga Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk juara umum akan memperoleh hadiah sebesar Rp 50 juta. Minggu (14/8/22)

“Pemerintah Provinsi Sultra berupaya untuk terus meningkatkan prestasi putra putri daerah di tingkat nasional. Oleh karena itu Gubernur Sultra mengeluarkan kebijakan, salah satunya yaitu meningkatkan uang pembinaan untuk peserta terbaik yakni juara satu, dua, dan tiga,” ungkap Dariodi.

Sementara itu, Ketua dewan hakim, KH Mursyidin mengatakan, sebagai bentuk apresiasi, juara harapan satu, dua, dan tiga tetap mendapatkan penghargaan.

“Harapan tiga artinya mengalahkan sebelas kabupaten. Sekalipun nanti tidak ada hadiahnya tapi tetap kita akan sampaikan juara harapan satu sampai tiga,” ungkapnya

KH Mursydin menambahkan, para pemenang dari 8 cabang lomba nantinya akan dikirim di kancah nasional. Sebab ia menilai, selama proses pembinaan, baik tilawah, tahfiz, maupum tafsir sudah meningkat dan dapat bersaing di tingkat nasional.

“Bahkan kalau Tahfiz kadang kala anak-anak kita ke Sulawesi Selatan utamanya yang di Kolaka dan Kolaka Utara kalau ada MTQ tingkat kabupaten kota di Luwu timur dan Luwu Utara kadang kala mereka yang minta disitu. Sekarang kita manfaatkan putra daerah,” katanya.

Untuk diketahui, beberapa cabang perlombaan pada MTQ ke-XXIX Tingkat Provinsi Sultra kali ini diantaranya seni baca Alquran terdiri dari golongan pertama tertil Alquran, tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah tunanetra, serta tilawah dewasa putra dan putri. Kemudian cabang Qira’at Mujawab Alquran, Muratal Dewasa, Qira’at Muratal Remaja. Selanjutnya cabang hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahm Alquran, dan cabang syarh. Selain itu juga ada cabang cabang seni kaligrafi Alquran dan karya tulis ilmiah putra dan putri.

Laporan : Novrizal R Topa

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment