Jelang Libur Nataru, Polres Kolut Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Anoa

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Polres Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa tahun 2023.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi lilin Anoa tahun 2023 di pusatkan di halaman Mako Polres Kolaka Utara, diikuti sejumlah pasukan baik dari TNI, Brimob, Kesatuan Anggota Polres,Sat Pol PP, Damkar,Tagana BPBD, Perhubungan dan anggota Pramuka.

Selain Itu sejumlah Kepala OPD terkait dan Forkopimda serta Ketua DPRD, Buhari Djumas S.Kel.M.Si turut hadir dalam upacara Apel Gelar Pasukan yang di pimpin langsung oleh Wakapolres Kolaka Utara, Mochamad Salman, SH.SIK.MH.

Wakapolres Kolaka Utara,Kompol.Mochamad Salman menjelaskan, persiapan pengamanan jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.Kepolisian akan melibatkan kurang lebih 126 Personil terdiri dari Anggota Polri dan TNI sedangkan dari Instansi lain Sat Pol PP,Dishub, Damkar,Tagana BPBD,serta tim Kesehatan.

“Dalam waktu dekat ini kami akan mendirikan tiga tempat titik pos pengamanan pertama di Kecamatan Rante Angin, kedua di Kecamatan Katoi tepatnya di Pelabuhan Tobaku dan di Kecamatan Batu Putih,” ujar Salman kepada wartawan usai memimpin upacara Apel Gelar Pasukan.Kamis (21/12/2023)

Lebih lanjut, Mochamad Salman mengatakan, selain pengamanan jalur darat pihak juga akan fokus pada pengamanan di objek wisata bahari yang kurang lebih sekitar sembilan titik.

“Tetapi yang besar itu ada kemungkinan nanti di lokasi wisata Pantai Berova Desa Pitulua karena setiap tahunnya lonjakan pengunjung diperkirakan di H plus dua dan H plus satu mencapai sekira 3.000 ribu orang sehingga kita akan menugaskan sebagian personil ketempat- tempat wisata untuk pengamanan disana,” katanya

Menurut Mochamad Salman, pelaksanaan pengamanan jelang Libur Natal dan Tahun Baru itu mulai terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 sampai tanggal 2 Januari 2024 mendatang.

“Jadi kurang lebih 12 hari pengamanan untuk mengantisipasi hal itu kita sudah bekerja sama dengan pihak stakeholder yang ada karena wilayah Kolaka Utara jalur perlintasan baik antar Kabupaten maupun Provinsi,” ungkapnya

Menurutnya, pihaknya telah melakukan survey disemua titik kerawanan terutama disepanjang badan jalan Trans Sulawesi yang sering mengalami longsor.

” Karena ada beberapa titik rawan yang sering longsor Kita sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengantisipasi hal ini apabila ada kejadian,” terangnya

Mochamad Salman juga menyebut, baru – baru ini di wilayah Kecamatan Batu Putih telah terjadi tanah longsor dan sudah dilakukan perbaikan.

” Untuk itu kami ingatkan kepada masyarakat kalau ada kejadian secepatnya dilaporkan sehingga cepat diantisipasi. Untuk itu kita akan menyiapkan alat berat di beberapa tempat titik yang rawan,” sebutnya

Menurutnya, kurang lebih ada lima tempat titik rawan tanah longsor yang parah,yakni di wilayah jalur jalan Trans Sulawesi pegunungan Desa Walasiho, Wilayah Desa Puncak Monapa – Totallang dan wilayah jalan Pegunungan Kecamatan Tolala.

” Rata – rata yang mengalami gangguan perjalanan di jalur Jalan trans Sulawesi terutama diwilayah area tanjakan dan penurunan,” ucapnya.

Mochamad Salman berharap kepada Masyarakat atau keluarga kita khususnya bagi mereka beragama non muslim yang ingin melakukan Ibadah Natal dengan aman dan nyaman.

“Kita sudah melakukan pengamanan dan penggalangan agar mereka melakukan ibadah dengan lancar. Bagi warga yang ingin mmudik kita mendapatkan data dari babinkamtibmas rumah – rumah yang ditinggalkan pemiliknya. Kita sudah lakukan koordinasi dengan Polsek untuk menghimbau setiap warganya untuk melaporkan ke kami apabila meninggalkan rumah mereka dan bisa menitipkan kendaraannya juga,”bebernya

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment