Kadin Sultra Berkomitmen Kembangkan UMKM di Sultra, Gandeng Diknas Sasar SMK

Berita, Kendari, SULTRA167 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra berkolaborasi meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu ditunjukkan saat peluncuran seragam sekolah, hasil dari buah tangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sultra.

Kepala Disdikbud Sultra, Yusmin mengatakan program tersebut sebagai salah satu upaya untuk memajukan dunia pendidikan selain itu memajukan para UMKM yang berada di Sultra.

“Sehingga kita akan melibatkan para pelaku UMKM termasuk alumni-alumni SMK,” ujarnya, pada Rabu 10 Mei 2023.

Selanujutnya, Yusmin menjelaskan bahwa dengan program itu juga dapat meningkatkan perekonomian Sultra, sehingga dengan itu pihaknya berkolaborasi dengan Kadin Sultra agar dapat berpartisipasi untuk meningkatkan perekonomian.

“Kenapa Kadin karena bisa jadi sekolah-sekolah kita belum punya modal tetapi disitulah Kadin turun berpartisipasi untuk membantu,” jelasnya.

Sementara itu, Sastra Alamsyah mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut telah lama di jejaki oleh Kadis Dikbud dan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang. Dan dengan adanya kegiatan itu juga Kadin dapat perperan aktif untuk memajukan SMK serta perekonomian.

“Kami akan melakukan edukasi dan market atau pemasaran,” ujarnya.

Lanjutnya, Sastra Alamsyah menyampaikan bahwa pihaknya bakal menyediakan market maupun permodalan. Kadin juga akan mendrop bahan-bahan kain yang diperlukan oleh para SMK. Maka dari itu pihaknya menargetkan bulan depan sudah bisa berjalan.

“Banyak nantilah kerja sama yang lebih intens, kita bisa bekerja sama dengan teman-teman Disdikbud,” pungkasnya.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment