Lomba Wisata Pungut Sampah Awali Rangkaian Hut Kota Kendari Ke-192

Berita, Kendari626 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Ibu Kota Sulawesi Tenggara, Kota Kendari akan memasuki usia yang ke-192 tahun yang jatuh pada tanggal 9 Mei 2023 mendatang.

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) tersebut, Pemerintah Kota Kendari telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari olahraga, seni budaya dan sosial kemasyarakatan.

Bertempat di RTH Papalimba Puday Lapulu, PJ Walikota Kendari Asmawa Tosepu resmi membuka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-192, Jumat (3/2/2023).

“Hari ini secara keseluruhan, kita akan memulai rangkaian dan kita launching berbagai kegiatan tersebut, dalam konteks atau dalam bingkai HUT Kota Kendari,” kata Asmawa dalam sambutannya.

Pemerintah Kota Kendari mengawali rangkaian kegiatan dengan mengajak masyarakat serta para nelayan yang bermukim di sekitar teluk kendari untuk bersama-sama mengangkat sampah yang berserakan di teluk kendari.

Selain masyarakat, kegiatan tersebut juga melibatkan seluruh OPD dan Forkopimda se Kota Kendari. Setidaknya ada sekitar 2000 personel ikut turun dalam kegiatan bertajuk Lomba Wisata Pungut Sampah ini.

Asmawa membeberkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kendari, sampah yang timbul akibat aktivitas masyarakat sekitar Teluk Kendari, grafisnya setiap harinya mengalami peningkatan.

Pada tahun 2021 kata dia, sampah di sekitar Teluk Kendari mencapai 1 ton perhari dan di tahun 2022 yang lalu naik signifikan menjadi kurang lebih 2 ton per harinya.

Harapannya, kegiatan bisa menjadikan Teluk Kendari lebih bersih, dan lebih indah sehingga dapat mengedukasi masyarakat yang bermukim di sekitar Teluk Kendari untuk lebih sadar menjaga kebersihan Teluk Kendari.

“Teluk Kendari harus terus kita jaga kebersihan dan keindahannya. Apalagi tidak banyak kota di Indonesia bahkan di dunia yang mempunyai Teluk seperti Kota Kendari ini,” ungkapnya

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment