Polisi Tangkap 2 Pria di Kendari dengan Barang Bukti 9,22 Gram Sabu

Berita, Hukum, Kendari174 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI — Polisi menangkap pria berinisial RZ (29) dan AR (33) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terkait penyalahgunaan narkotika jenis sabu dengan bruto 9,22 gram pada Sabtu (9/4/ 2022).

Kedua tersangka berhasil diringkus setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat pada Sabtu, 9 April 2022 sekitar pukul 15.30 Wita terkait peredaran narkotika di sekitar lokasi penangkapan.

“Anggota Polresta Kendari mendapatkan info dari masyarakat bahwa di sekitar Jalan Tinumbu, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Kota Kendari sering terjadi peredaran gelap narkotika,” terang Kabag Ops Polresta Kendari, Kompol Jupen Simanjuntak kepada awak media pada Selasa (12/4/2022).

Berbekal informasi tersebut, Tim Opsnal Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan pada sekitar pukul 21.00 Wita di Pelabuhan Wanci, Kelurahan Kandai, Kota Kendari tersangka RZ diringkus.

“Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Kendari berhasil menangkap lelaki RZ dan menemukan barang bukti berupa 1 pembungkus rokok Marlboro berisi 1 saset plastik bening dengan 2 paket diduga narkotika jenis sabu dengan bruto 2,02 gram ditemukan dalam kantong celana depan sebelah kanan yang tersangka RZ,” terang Kompol Jupen Simanjuntak.

Dari hasil penangkapan tersebut, dilakukan pengembangan dan pada sekitar pukul 23.00 Wita bertempat di dalam kamar indekos di Jalan Jenderal Ahmad Nasution, Lorong Kakatua, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Anggota Sat Resnarkoba Polresta Kendari kembali melakukan penangkapan terhadap tersangka AR.

“Dari tangan tersangka AR polisi menemukan barang bukti berupa 6 saset plastik bening berisikan kristal bening diduga narkotika jenis sabu dengan bruto 7,20 gram,” terang Kompol Jupen Simanjuntak.

Barang haram tersebut ditemukan polisi di dalam lipatan celana dalam warna abu-abu. Turut pula diamankan 1 bong, 1 pireks, dan unit handphone dengan kartu selulernya.

Tersangka RZ mengaku sudah 2 kali memesan sabu kepada tersangka AR dengan cara diantarkan langsung di sekitar Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kota Kendari.

Sementara tersangka AR mengaku memperoleh narkotika jenis sabu dari seorang lelaki yang bernama FK yang masih berstatus warga binaan Lapas Kelas II A Kendari dengan sistem tempel.

“Ini yang masih kita dalami,” terang Kasat Resnarkoba Polresta Kendari, AKP Hamka di Mapolresta Kendari.

Tersangka RZ dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara paling cepat 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Sementara tersangka AR dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara paling singkat 5 tahun dan maksimal seumur hidup.

Laporan: Didul

Editor

Comment