Usai Pimpin Upacara HUT RI ke – 78, Bupati Konut Saksikan Pembentangan Bendera Merah Putih 7.800 Meter

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM,KONAWE UTARA – Upacara pringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78 di Kabupaten Konawe Utara berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan kali ini di pusatkan di lokasi wisata pantai Taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara ( Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan dilaksanakan penuh hikmat.

Detik – detik Proklamasi Kemerdekaan Bupati Konawe Utara, Dr.Ir.H.Ruksamin bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan menggunakan baju adat Khas Suku Tolaki dengan perpaduan warna merah.

Menyaksikan secara langsung Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Pasukan pengibar Bendera Merah (Paskibra) berasal dari putra dan putri terbaik Konawe Utara yang sukses mengibarkan Bendera Merah Putih dengan baik.

Usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -78 juga sukses dilaksanakan pembentangan Bendera Merah Putih dibibir pantai Taipa sepanjang 7,800 Meter

Kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD,Ikbar,SH.MH, Kapolres Konut,AKBP Priyono Utomo,SH.SIK,Kakorwil Binda Konawe Utara,E.Hendra, Dandim,1430 Konut, Letkol (Kav) Sofyan, Ketua PN Unaaha, Dian Kurniawati,SH.MH, Kejaksaan Negeri Konawe,Dr.Musafir,SH,SPD, MH, Danlanal Kendari, Kepala OPD dan siswa – siswi tingkat SDN,SMP dan SMA/SMKN.

Bupati Konawe Utara,H.Ruksamin menjelaskan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 patut kita syukuri atas nikmat yang luar biasa karena bukan hanya masyarakat kabupaten Konawe Utara saja yang menyaksikan perayaan kali ini tetapi seluruh masyarakat di Sulawesi Tenggara maupun di seluruh penjuru dunia.

“Karena mereka bisa saksikan secara langsung melalui salah satu stasiun Televisi Swasta. Asal mereka buka chanelnya pasti mereka bisa menonton kegiatan Upacara HUT RI ke -78,” ungkap H.Ruksamin Kepada Wartawan saat diwawancarai usai memimpin kegiatan tersebut.Kamis (17/8/2023)

Lebih lanjut,H.Ruksamin mengatakan, pihaknya melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78 baru pertama kali lengkap dan dihadiri para Petinggi TNI baik dari Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat begitu juga dari jajaran Polres Konawe Utara,Basarnas, Pemadam Kebakaran dan Dandim 1430, Pengadilan Negeri Unaaha dan Kejaksaan Negeri Konawe.

“Makna dari kegiatan ini, salah satunya telah menunjukkan suatu kemajuan di tingkat pendidikan Sekolah Dasar Negeri sebagaimana telah didemonstrasikan tadi sejumlah siswa tampil berhitung cepat dengan metode Gasing maju terus untuk Indonesia,” ujarnya.

Menurut,H.Ruksamin, selain dari itu pembentangan Bendera Sang Saka Merah Putih sepanjang 7.800 meter dengan rute 7,8 Kilometer sukses dibentangkan disepanjang bibir pantai tanpa ada hambatan.

“Bendera Merah Putih sepanjang 7.800 meter dibentangkan oleh seluruh peserta upacara yang kurang lebih 10 orang di bibir wisata pantai Taipa dengan menggunakan baju adat masing-masing,”terangnya

Menurutnya, kegiatan ini kita tempatkan di lokasi wisata dengan tujuannya mempromosikan tanjung pantai Taipa. Deatinasi wisata ini sebagai salah satu aset yang memiliki keindahan pasir putih yang patut dikunjungi wisatawan lokal maupun Manca Negara.

“Tanjung Taipa memiliki keindahan alam baik pasirnya yang putih dan panorama lautnya yang hijau yang membentang sejauh mata memandang,” ucapnya.

Dihadapan wartawan, Ruksamin yang juga koordinator Majelis Wilayah Korpa Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tenggara (MW KAHMI Sultra) itu menegaskan, Konut memiliki sumber saya alam yang melimpah, baik di sektor tambang, perikanan maupun pertanian dan perkebunan.

Tanpa mengabaikan pembangunan infraatruktur, menurut Ruksamin, pembangunan sumberdaya manusia unggul itu lebih utama.

“Kita bangun infrastruktur, tapi 20 tahun ke depan mungkin sudah rusak. Tapi kalau kita bangun sumberdaya manusia unggul, maka 20 tahun ke depan akan berkontribusi untuk pembangunan dan kemajuan daerah,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, sebgai bupati, pihaknya berupaya memberi beasiswa kepada mahasiswa asal Konawe Utara.

“Kita upayakan beasiawa kepada mahasiswa asal Konut dimana pun mereka kuliah,” ujarnya.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment