USN Gratiskan Biaya Kuliah Semester Pendek Mahasiswa

Berita, Pendidikan329 Views
banner 468x60

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pandemi virus Corona mengakibatkan proses perkuliahan di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka ditiadakan. Karena itu, pihak kampus menggratiskan biaya kuliah semester pendek bagi mahasiswa.

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan, keputusan menggratiskan biaya kuliah semester pendek itu dilakukan karena anggaran USN Kolaka untuk kegiatan pembelajaran dan pendidikan semester ini tidak terpakai.

“Biaya kuliah gratis. Tidak ada lagi pembayaran bagi mahasiswa untuk mengejar ketertinggalan perkuliahannya yang sebelumnya diliburkan,” ujar Azhari.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu menambahkan, sebelumnya USN Kolaka meliburkan aktivitas perkuliahan mahasiswa karena wabah virus Corona. Untuk mensiasatinya, USN Kolaka menggantinya dengan perkuliahan online.

Namun dalam perjalanannya, proses kuliah online tak berjalan efektif, sebab terkendala ketersediaan jaringan yang belum merata di beberapa wilayah.

“Akhirnya kami memutuskan untuk meliburkan mahasiswa, dan akan menggantinya dengan semester pendek pada Juni 2020 mendatang,” kata Ruslin, Senin (4-5-2020).

Dikatakan, apabila pandemi virus Corona mereda, lalu mahasiswa bisa kembali beraktivitas seperti biasanya pada 1 Juni 2020 untuk mengikuti semester pendek, maka biaya UKT semester pendek digratiskan.

“Jadi mahasiswa yang melakukan semester pendek tidak dipungut UKT atau digratiskan,” pungkasnya.

Laporan: Azhar Sabirin

Editor

Comment