Harganas Ke-30 Tekankan Program Kekuarga Bebas Stanting

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara, Dr. Ir.H. Ruksamin bersama rombongan bertolak dari Konawe Utara menghadiri Acara Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke – 30 Tahun 2023 dengan tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”.

Kegiatan tersebut di pusatkan di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (6/7/2023) lalu.

Dalam Acara Puncak, Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin bersama Ibu Wakil Preseiden, Menteri Kesehatan, Kepala BNPT RI, Kepala Badan Pembinaan Pancasila (BPIP), Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), beserta Seluruh Gubernur, Bupati/Walikota Se-Indonesia hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Bupati Konawe Utara, H.Ruksamin menjelaskan, Hari keluarga Nasional (Harganas) dicanangkan pertama kali oleh Presiden soeharto pada 29 juni 1993 di lampung. dan Pada tanggal 15 September 2014, diterbitkan keputusan presiden RI nomor 39 yang menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional (HARGANAS).

“Pada HARGANAS Tahun Ini mengusung tema ” Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju” ujar H.Ruksamin saat dikonfirmasi melalui Via WhatsApp, Senin (10/7/2023)

H.Ruksamin mengatakan, sebagaimana diketahui bahw pemerintah telah bekerja keras beserta pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dalam upaya melakukan percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah Pusat telah menargetkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024, dimana pada tahun 2019 yang lalu mencapai 27, 6 persen, dan 2023 Turun menjadi 21,6 persen,” katanya

Menurut, H.Ruksamin dengan adanya HARGANAS tahun ini adalah momen yang sangat baik untuk membangkitkan semangat semua pihak terkait dalam rangka percepatan penurunan stunting.

“Insha Allah Pemerintah Kabupaten Konawe Itara akan terus berupaya untuk terus bekerja keras menurunkan stunting di wilayah kerjanya,” ucapnya

Menurutnya, Pemkab Konut telah melakukan berbagai macam program-program unggulan salah satunya adalah program yang sudah di laksanakan yakni Program URC-KISS.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment