Kaji Cepat Bencana Banjir, BPBD Konut Instruksikan Kewaspadaan

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KONAWE UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara mengeluarkan instruksi berupa himbauan hasil kaji cepat (Rapid Assasment) tentang siaga bencana banjir.

Kepala BPBD Konut, Ns. Muh Aidin,S.Kep.MM menyampaikan, hasil kaji cepat instruksi bencana banjir yang dikeluarkan oleh BPBD KONUT berdasarkan kronologis yang terjadi dilapangan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di 3 desa, dua Kecamatan Asera dan Andowia yakni Desa Mataiwoi, Ambake, dan Puunggomosi.pada Kamis (3/4/ 2023) Minggu Lalu.

“Siaga bencana banjir dari hasil dilapangan dengan kronologis akibat intensitas curah hujan yang mengguyur ibu kota Wanggudu dan sekitarnya, menyebabkan meluapnya sungai Larondula sehingga membuat tiga desa tersebut terendam banjir setinggi 50 cm mengakibatkan 30 unit rumah dan lebih dari 50 KK terdampak banjir, “ungkap Aidin saat di Wawancarai di ruang kerjanya. Rabu (5/4/2023)

Lebih lanjut, kata Aidin, beberapa langkah antisipasi yang dilakukan BPBD Konawe Utara yaitu, pertama BPBD Konut melakukan kaji cepat/Rapid Assasment dengan memetakan dan mendata dampak yang diakibatkan daripada banjir yang menggenangi baik perumahan penduduk maupun infrastruktur lainnya.

Kemudian melakukan Koordinasi antar OPD dan lintas sektor yang terkait, TNI dan Polri, dinas PUPR, Sosial dan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Pemerintah Daerah setempat baik Desa maupun Kecamatan terdampak dalam rangka mengantisipasi banjir susulan yang diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang masih mengguyur.

Olehnya itu, Aidin menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Konawe Utara untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas diluar rumah.

“Sebaiknya tidak beraktivitas diluar rumah jika tidak mendesak, khususnya warga yang berada di daerah rawan terdampak bencana baik banjir ataupun ranah longsor maupun yang bermukim dekat dengan bantaran sungai untuk senantiasa selalu siap sedia sewaktu-waktu,” imbuhnya

Ia juga menghimbau, apabila keadaan semakin menghawatirkan dan tidak terkendali, sebaiknya segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait serta selalu memberi informasi terkini kepada instansi pemerintah daerah.

“Apabila keadaan semakin mengkhawatirkan dan tidak terkendali sebaiknya selalu melakukan koordinasi dan mengupdate informasi kepada pihak terkait yang terdekat,” harapnya

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment