Atasi Stunting, PKK Bombana Roadshow Safari Dakwah Bersama Ustadz Ahmad Al-Habsyi

Berita, Bombana, SULTRA251 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, RUMBIA – Pemerintah Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra)
menggelar Roadshow Safari Dakwah bersama Ustadz Ahmad Al-Habsyi. Safari Dakwah dimulai sejak 20 Mei 2023 dan diharapkan menjangkau semua kecamatan di Bombana hingga 28 Mei mendatang.

Dalam Safari Dakwah Ustadz Ahmad Al-Habsyi ini, selain silaturahmi, halal bihalal dan wakaf sejuta Alqur’an, juga dilakukan sosialiasasi program atasi Stunting dari Tim Penggerak PKK Bombana.

Untuk pencegahan stunting, Ketua TP-PKK Bombana Hj Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos kembali melaksanakan program Gerobak Dashat, yaitu Gerakan Dapur Sehat Atasi Stunting.

Program pengurangan stunting melalui Gerobak Dahsat sudah lama diluncurkan. Dimulai seabgai rangkaian Ulang Tahun ke-19 Kabupaten Bombana yang digelar pada upacara pembukaan Porseni.

Dalam Safari Dakwah Ustadz Ahmad Al-Habsyi di semua titik akan ditampilkan Gerobak Dashat yang menyajikan makanan sehat yang bertujuan untuk mengatasi stunting.

Program Safari Dakwah dan Wakaf Alquran dan Pencegahan Stunting itu dimulai pada Sabtu (20/5/2023)
di Masjid Baburrahman Kelufahan Doule dan Masjid At- Taqwa Kelurahan Lauru.

Pada kesempatan teraebut, Ustadz Ahmad Al-Habsyi didampingi oleh Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.SI dan Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos.

Safari Dakwah ini dilanjutkan di Masjid Al Muhajjirin Kelurahan Aneka Marga Kecamatan Rarowatu Utara, Minggu (21/5/2023)

Dalam sambutannya, Pj. Bupati, Burhanuddin mengatakan, dalam safari dakwah ini sengaja disatukan dengan program pemerintah yakni Program Pencegahan/Penurunan angka stunting.

Penurunan angka stunting di Bombana harus gencar dilakukan, mengingat kasus Stunting di Kabupaten Bombana saat ini berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) berada di kisaran 35 persen.

Secara garis besar penanganan stunting yang menjadi fokus utama untuk diterapkan antara lain menjaga pola makan anak yang bergizi seimbang dan beragam sesuai usia anak. Kemudian mengedukasi semua pihak yang terlibat dalam hal pola asuh anak yang dimulai sejak hamil hingga bayi lahir.

“ Memperhatikan kualitas sanitasi lingkungan, akses air bersih serta akses pelayanan Kesehatan,” kata Burhanuddin.

Dia menambahkan, pemerintah berupaya mengoptimalkan beberapa inovasi di antaranya Gerobak Dashat di Desa/Kelurahan yang merupakan salah satu Program Penanganan Stunting.

Gerobak Dashat ini merupakan program kerja TP PKK Kabupaten Bombana dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi balita dan ibu hamil. Kegiatan ini ada di setiap kegiatan Posyandu dan dilaksanakan di setiap desa maupun kelurahan.

Pj. Bupati Bombana atas nama pribadi dan masyarakat Kabupaten Bombana mengucapkan banyak terima kasih Kepada Ustadz Ahmad Al-Habsyi. “Merupakan satu kehormatan bagi masyarakat Kabupaten Bombana karena menyempatkan hadir, mengingat waktu yang dimiliki cukup terbatas di tengah banyaknya kegiatan dakwah.”

Kegiatan safari dakwah tersebut turut dihadiri oleh Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA), Staf Kecamatan, Pengurus TP PKK Kabupaten Bombana, Tim Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting, Anggota Majelis Taklim serta beberapa masyarakat yang sempat hadir.

Laporan: Andita

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment