Bupati Konawe Utara Terima Mahasiswa PKK Poltakes Kendari Tahap II

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara (Konut) Dr. Ir. H. Ruksamin menerima 150 Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Poltekes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari yang melaksanakan Praktek Lapangan Klinik Kebidanan (PKK) II, Senin, (02/10 2023).

Bupati Konawe Utara,H.Ruksamin menyampaikan, Poltekes Kendari sudah dua kali menyambangi Kabupaten Konawe Utara sebagai lokasi praktek bagi mahasiswanya.

“Kali ini akan turun langsung di Rumah Sakit dan PUSKESMAS untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar H.Ruksamin dihadapan puluhan Mahasiswa Poltekes dan dosen pembimbingnya saat memberikan sambutan di Aula Kantor Bupati Konut, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut, H.Ruksamin mengatakan, tujuan dilaksanakannya PKK II di Kabupaten Konawe Utara sebagai sarana dalam mengimplementasikan interprofesionalisme education, agar menjadi interprofesionalisme collaboration, dimana mahasiswa dituntut untuk dapat berkolaborasi dalam penyelesaian masalah kesehatan yang ada di lapangan.

“Seperti kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu dalam masa nifas, bayi, serta balita,” tuturnya.

H.Ruksamin juga mengucapkan selamat datang kepada para Mahasiswa Poltekes Kebidanan Kemenkes Kendari, semoga kegiatan prakteknya dapat berjalan sesuai yang diprogramkan tanpa ada kendala.

“Saya juga berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Poltekes Kendari atas kepercayaannya kepada Kabupaten Konawe Utara sehingga kedua kalinya menempatkan mahasiswanya untuk KKN/Praktek di wilayah Kabupaten Konawe Utara,” katanya.

Koordinator Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasis Islam (KAHMI) Sultra ini berpesan agar mahasiswa yang akan melaksanakan PKK II untuk menjaga dan menghormati adat istiadat dan budaya yang ada di Kabupaten Konawe Utara dengan baik dan penuh dedikasi tinggi, untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara siap berkolaborasi dengan adik-adik sekalian,” ujarnya.

Menurut, H.Ruksamin Data Ibu Hamil dari yang usia kandungan 0 bulan sampai yang akan melahirkan besok kami sudah pegang.Begitu pula data bayi dan balita di Kabupaten Konawe Utara

“Semua data sudah tersedia, yang mana data ini dapat menjadi rujukan bagi adik-adik sekalian dalam memberikan pelayanan. Untuk itu, diakhir pelaksanaan PKK II, saya minta laporan dari adik-adik sekalian tentang capaian selama turun langsung ke Masyarakat,” terangnya.

Pihaknya menyadari juga menyadari sepenuhnya tentang peran penting bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan, yang mana peran bidan tidak akan tergerus oleh perkembangan zaman.

“Dalam era digitalisasi seperti saat ini, peran bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan tidak akan pernah tergantikan. Tidak mungkin bayi yang akan lahir bisa di-download.

H.Ruksamin berharap para mahasiswa yang hari ini memilih untuk menjadi bidan, lakukan tugas mulia ini dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, bekali diri kalian dengan ilmu agama, karena sesayang apapun orang tua kepada bayinya, adik-adik sekalian lah yang akan menyentuh untuk pertama kali saat bayi tersebut lahir ke dunia.

“Untuk itu, adik-adik yang hari ini memilih untuk menjadi bidan, lakukan tugas mulia Anda semua dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, bekali diri Anda dengan ilmu agama, karena sesayang apapun orang tua kepada bayinya, adik-adik sekalian lah yang akan menyentuh untuk pertama kali saat bayi tersebut lahir ke dunia,” tuturnya

Sebagai bentuk dukungan kepada para Mahasiswa Kebidanan Poltekes Kemenkes Kendari pihaknya menyiapkan bantuan konsumsi di Rumah Sakit dan tiap Puskesmas.

“Saya selaku Bupati Konawe Utara juga menyiapkan bantuan konsumsi di Rumah Sakit dan tiap-tiap Puskemas yang akan menjadi lokasi Praktek Kerja Kebidanan,” janjinya.

Laporan : Ahmar

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment