Mubar Terbaik 3 Realisasi Belanja 2022

Muna Barat, SULTRA172 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, MUNA BARAT –  Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat (Mubar) mendapat penghargaan dari Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait realisasi belanja tahun 2022 dengan nilai 95,50 persen.

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Mubar DR. Bahri yang diserahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam rapat koordinasi evaluasi anggaran pendapatan belanja daerah semester II tahun 2022 dan percepatan pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2023 kabupaten/kota dan OPD Provinsi Sultra di ball room hotel Claro Kendari, Senin, 13/3/2023.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan bahwa realisasi belanja tahun 2022 Mubar mendapatkan prestasi terbaik ketiga dari 17 kabupaten/kota dengan nilai 95,50 persen.

Selain itu, prestasi terbaik pertama diraih oleh Kabupaten Kolaka Utara dengan nilai, 95,88 persen dan kedua dari Kabupaten Konawe Selatan dengan nilai 95,60 persen.

Pj Bupati Mubar, DR. Bahri mengatakan, terkait prestasi yang didapat itu adalah wujud Pemda Mubar dan kerja nyata seluruh OPD bahwa telah merealisasikan anggaran APBD.

“Jadi ABPD ini merupakan program kegiatan yang telah disepakati bersama DPR dan itu harus diwujudkan dengan tujuan masyarakat Mubar harus sejahtera,” jelas Bahri saat ditemui usai rapat koordinasi di Hotel Claro Kendari.

Sejak Bahri memimpin Mubar 27 Mei 2022 lalu, hingga sekarang menunjukan kemajuan yang sangat signifikan. Tidak dipungkiri, sebelumnya realisasi belanja APBD Mubar sangat rendah. Kemudian Bahri merubah semua dan menekankan kepada seluruh OPD sampai tingkat desa agar terus bekerja untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih maju dan mandiri.

“Saya selalu mengimbau para OPD agar merealisasikan program kegiatan yang sudah ada di APBD. Kenapa ini kita genjot, karena pertumbuhan ekonomi kita sangat mempengaruhi belanja APBD,” katanya.

Terkait bentuk penghargaan yang diberikan tersebut, jelas prestasi yang didapat itu akan lebih mempengaruhi pada proses percepatan pelaksanaan anggaran belanja semester pertama tahun 2023 ini.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri ini, terus menekan para OPD agar senantiasa bersinergi dalam membangun daerah yang bertajuk ”bumi praja laworoku”. 

“Teman-teman OPD sudah bagus kinerjanya. Saya minta terus ditingkatkan lagi dengan menyiapkan semua dokumen – dokumen terkait dengan realisasi APBD ini,” ujarnya.

Bahri memastikan tidak hanya mengejar realisasi tetapi juga  akuntabilitas juga diperhatikan.

“Jadi mempercepat tetapi tidak meninggalkan prinsip-prinsip akuntabilitas,” ucapnya.

Intuk itu, jebolan STPDN 07 ini berharap agar seluruh elemen masyarakat tetap bersinergi membangun Mubar.

“Saya berharap ini memacu kita untuk bekerja lebih baik lagi, bekerja lebih bersinergi, merencanakan lebih detil lebih awal agar belanja ini betul-betul untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Mubar,” harapnya.

Laporan: Muhammad Nur Alim

Editor

Comment