Prodi Teknik Pertambangan USN Kolaka Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA – Program studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar workshop pengembangan kurikulum merdeka belajar – kampus merdeka di Aula D3 Keperawatan USN Kolaka, Kamis (10/11/2022).

Dalam workshop pengembangan kurikulum tersebut, Prodi Teknik Pertambangan menghadirkan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung, Dr Syafrizal, selaku pemateri.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka Prof Ruslin Hadanu, Dekan FST Rina Rembah, para dosen, hingga perwakilan dari beberapa perusahaan pertambangan di Kabupaten Kolaka.

Ketua panitia kegiatan, Arif menyebutkan, workshop pengembangan kurikulum ini akan dilaksanakan sejak 10 – 11 Oktober 2022 dengan tujuan untuk memasukkan kurikulum tambahan Prodi Teknik Pertambangan, sehingga dengan tambahan kurikulum itu nantinya bisa menghasilkan sarjana unggul khususnya dibidang pertambangan.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu mengatakan, kurikulum kompetensi yang mendukung merdeka belajar – kampus merdeka merupakan program yang sangat diinginkan oleh Kemendikbud Ristek. Karena itu, dia berharap agar Prodi Teknik Pertambangan USN Kolaka dapat merencanakan kurikulumnya dengan matang sehingga dapat menghasilkan kurikulum yang lebih baik lagi.

Menurut Ruslin, persaingan global saat ini semakin sulit. Agar dapat bersaing, setiap program studi harus menyiapkan lulusan yang dapat bersaing di dunia global maupun di dunia industri.

Dalam mendukung kampus merdeka-merdeka belajar, Ruslin menawarkan kepada mahasiswa teknik pertambangan USN Kolaka untuk magang di sejumlah perusahaan pertambangan. Namun ia meminta agar para dosen di Prodi Teknik Pertambangan dapat menyiapkan kurikulum yang mendukung keterampilan mahasiswa.

“Disini ada PT Antam, PT Vale, ada juga perusahaan pertambangan lainnya. Kira-kira kalau kita magang 6 bulan disana, kompetensi apa yang bisa diambil oleh mahasiswa. Kompetensi itu bisa dijabarkan dalam perangkat-perangkatnya, dalam kurikulum, sehingga kita bisa mendapatkan blok-blok mata kuliah pada saat kegiatan magang,” ujarnya.

Ruslin juga memuji kemajuan Prodi Teknik Pertambangan USN Kolaka yang dinilainya sudah lumayan. Hal itu dapat dilihat dari minat mahasiswa baru dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Dimana dari beberapa Prodi di USN Kolaka, Prodi Teknik Pertambangan merupakan Prodi yang memenuhi daya tampung mahasiswa baru.

“Ini berarti peluang bagus bagi Prodi Teknik Pertambangan,” katanya.

Laporan : Azhar Sabirin

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment