Tega, AK Setubuhi Anak di Pulau Baru Agast Terancam 15 Tahun Penjara

Hukum, Peristiwa78 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, ASMAT,  — Nafsu bejad AK (inisial) lelaki umur 39 Tahun tega menyetubuhi tetangganya sendri L (inisial) anak perempuan umur 16 Tahun sebanyak tiga kali hingga korban hamil, keduanya merupakan warga di Jalan Mimika, Distrik Agast Kabupaten Asmat.

Kejadian berawal pada Bulan Juni 2021 saat pelaku mengajak korban dengan memberikan uang sebesar 100 ribu rupiah menuju ke Pulau Baru, Distrik Agast menggunakan perahu fiber, dalam perjalanan teman pelaku menawarkan minuman beralkohol (lokal) jenis Sagueru setelah tiba di lokasi niat jahat pelaku dilancarkan saat L mengalami pusing dan mual.

“Kejadian pertama di sekitar Bevak milik AK yang terletak di Pulau Baru Agast, pelaku ajak korban dengan memberikan uang sebesar 100 ribu rupiah,” ucap Kasat Reskrim Polres Asmat, Iptu Elvis Lambertus Palpialy S.Sos saat menyelenggarakan konfresi pers, Kamis 18 November 2021.

Peristiwa asusila itu kembali terjadi pada Kamis 19 Agustus 2021 di Jalan Jokowi, dan terakhir pada tanggal 3 September 2021 di lokasi yang sama, tepatnya dekat penampung air bersih.

“Motifnya sama saat pelaku AK usai mengkonsumsi alkohol kemudian membujuk korban dengan memberikan uang,” tambahya.

Kejadian ini dilaporkan ke Polres Asmat saat keluarga korban mengetahui L hamil dan mengalami keguguran pada 28 September 2021, Elvis menjelaskan setelah menerima laporan langsung malakukan proses hukum dan melakukan penangkapan.

“Kasus ini sudah sampai ke tahap p21,” jelasnya.

Dengan kasus tersebut pelaku AK disangkakan melanggar Pasal 81 Ayat (2) Undang Undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang Undang Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

“Pelaku ini terancam hukuman paling singkat 5 Tahun dan maksimal 15 Tahun penjara denda sebesar Lima Miliar Rupiah,” tutur Elvis menguraikan.

Di tempat yang sama saat dimintai keterangan pelaku AK mengaku menyesal atas perbuatannya dan meminta maaf kepada korban beserta keluarganya.

“Saya minta maaf kepada korban dan keluarganya, saya menyesal,” tuturnya sambil menundukan kepala.

Laporan : Hendriansyah

Editor

Comment