BPK Sultra Bentuk Klub Panahan, Wakil Ketua BPK RI Yang Resmikan

Berita, Kendari, Olahraga1661 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI —- Kehadiran olahraga Panahan di Sulawesi Tenggara (Sultra), membangkitkan minat beberapa kalangan masyarakat membentuk klub pembinanaan. Salah satunya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra yang membentuk Bepeka Archery Indonesia (BAI), sekaligus mengukuhkan pengurusnya.

Bepeka Archery Indonesia (BAI) Sultra diresmikan oleh Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr. Agus Joko Pramono di kantor BPKP Sultra, jalan Sao Sao, Kendari. Jumat, (09/09/22).

Agus Joko Pramono mengatakan, kalau panahan merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga ini pula yang menjadi pembeda.

“sejatinya, di panahan ini kita bertarung dengan diri sendiri, sehingga dituntut untuk konsentrasi. Hal ini cocok untuk para pekerja auditor, sebab otak kiri lebih dominan aktif, lebih mekanikal, serta lebih sequensial, yang membutuhkan konsentrasi tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melatih fokus merupakan salah satu manfaat yang harus diperoleh oleh seorang pemanah agar mampu mencapai sasaran dengan sempurna. Karena untuk menembak sasaran, fokus harus terus dijaga dari gangguan seperti angin, jarak, kebisingan, dan pesaing.

Calon Ketua PB Perpani ini meminta, Bepeka Archery Sulawesi Tenggara mulai melakukan pembinaan atlet dengan menggandeng Perpani Sulawesi Tenggara, termasuk membuat kejuaran.

Sarjono mengatakan, sebagai cabang yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), bersama 14 cabang olahraga lainnya, maka pembinaannya harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Ke-14 cabor yang masuk dalam prioritas DBON, di antaranya atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat,” Ungkap Ketua PWI Sultra ini.

Dengan Gamblang ia mengatakan, untuk membesarkan olahraga ini dibutuhkan sinergi dengan daerah agar pembinaan bisa dilakukan sampai ketingkat yang kecil di daerah.

“Hadirnya club-club di daerah itu akan memastikan bahwa pembinaan akan beregenerasi,” ujarnya.

Sarjono menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang membantu perkembangan olahraga panahan di Sulawesi Tenggara, termasuk para wartawan yang terus memberitakan kegiatan dan pembinaan olahraga panahan di Bumi Anoa, Sultra.

Laporan : Novrizal R Topa

Editor

Comment