Personil Brimob Bentangkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Monapa

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 78, Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Totallang membentangkan Bendera merah putih sepanjang 100 meter di Puncak Gunung Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sang Saka Merah Putih dibentangkan oleh dua Satuan Setingkat (SST) Peleton Tangkas (Tontangkas) Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sultra.

Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter digotong dari markas Brimob Batalyon C dengan cara berjalan kaki melalui rute bersemak, melintasi sungai dan mengitari punggung puncak bukit Totallang sejauh lima kilo meter. Para personil juga dibekali masing-masing bendera merah putih berukuran mini di punggung mereka.

Pembentangan bendera raksasa itu diawali upacara pengibaran bendera yang dipimpin langsung Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sultra, Kompol Aris Rallang, dengan hikmat. Hal ini mengundang perhatian para petani lada dan cengkih yang kebunnya dilalui satuan Brimob dan menjadi lokasi pengibaran.

Bendera yang membentang di Puncak Monapa mudah disaksikan warga karena bukit tersebut berhadapan langsung dengan desa setempat. Hal itu juga mudah terpantau pengguna jalan Trans Sulawesi yang lalu lalang.

Kompol Aris Rallang melalui Pasi Ops Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sultra, AKP.Tony Heriliawan Puabonga menyebut gerakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI tersebut untuk menghargai perjuangan para pahlawan pendahulu.

“Gerakan ini membawa pesan guna menumbuhkan jiwa dan semangat nasionalisme bagi seluruh penduduk Desa Puncak Monapa khususnya yang berada di lembah Kolut, pengguna jalan dan warga negara pada umumnya yang telah menyaksikannya,” ujar AKP.Tony Heriliawan Puabonga Kepada Wartawan saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (15/8/2023).

Lebih lanjut,Tony Heriliawan mengatakan, gerakan serupa dengan ukuran bendera 4X50 Meter juga pernah dilakukan sebelumnya di perbukita Puncak Monapa, sebelum covid-19. Kali ini bentangan yang dipampang lebih panjang dan melibatkan lebih banyak personil.

Aksi tersebut diharapkan bisa memupuk nilai-nilai kebangsaan. Masih ada agenda lain yang bakal dilaksanakan jajaran Batalyon C Pelopor kedepannya untuk berparyisipasi menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia.

Laporan : Ahmar

Editor

Comment