UPT PK2M UHO Beri Kiat Mendapatkan Beasiswa

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) menggelar seminar nasional pusat karir Universitas Halu Oleo di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (06/06/23).

Kegiatan tersebut menghadirkan empat pemateri dan dibalut dengan tema “The Power Plan With Scholarship For Career Success”. Empat pemateri tersebut adalah Hatim Albasri yang merupakan penerima beasiswa Ford foundation international fellowships Program dan Australian Scholarship.

Pemateri kedua, La Harjoprawiro yang merupakan penerima beasiswa pendidikan Indonesia (BPI). Pemateri ketiga adalah Sudarsono yang merupakan penerima beasiswa S3 Luar Negeri Dikti. Serta Nur Isiyana Wianti yang merupakan Australia Award Scholarship Awardee and Allison Sudrajat Prize Winner.

Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pembekalan yang diberikan kepada calon sarjana tentang bagaimana menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi usai menyelesaikan S1 di UHO.

Menurutnya, pola pikir mengenai pentingnya jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus segera terpatri dalam benak calon-calon wisudawan di UHO. Dengan begitu, kata Zamrun, mimpi untuk melanjutkan pendidikan bisa terencana dengan matang.

“Bagaimana mempersiapkan setelah kuliah itu yang coba kita berikan pada mahasiswa pada hari ini. S1 saja kadangkala tidak cukup harus lanjut ke S2 atau S3,” ungkapnya.

Zamrun mengungkapkan, salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan adalah masalah biaya. Katanya, hal itu bisa teratasi dengan berbagai macam pilihan beasiswa yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa.

Namun, kata Zamrun, untuk mendapat beasiswa bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, melalui seminar ini Zamrun berharap, para mahasiswa bisa mendapat pemahaman tentang bagaimana kiat-kiat mendapatkan beasiswa.

“Syaratnya harus dipelajari oleh mahasiswa sehingga mereka bisa mempersiapkan diri. Hari ini kita coba memberikan itu pada mahasiswa agar bisa memberikan syarat administrasi tersebut agar mereka bisa berkompetisi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua UPT PK2M UHO, Sarinah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Tahun ini penerima beasiswanya yang kita sasar,” ungkapnya.

Kata Sarinah, melalui seminar seperti ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dari bangku perkuliahan tapi juga ilmu yang dapat dilakukan diluar kampus.

Para narasumber nanti akan menceritakan trik bagaimana mendapatkan beasiswa dan juga akses pendidikan melalui beasiswa. Sehingga, Sarinah berharap para mahasiswa dapat mengambil ilmu dari pengalaman yang diberikan oleh para narasumber.

“Ini diikuti oleh 15 Fakultas se UHO. Kita harapkan mahasiswa dapat mengikuti seminar ini hingga selesai,” pungkasnya.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment