8 Hari Operasi Pekat Anoa, Satlantas Polres Butur Amankan 84 Kendaraan

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Selama 8 hari melaksanakan Operasi Pekat Anoa 2023, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Buton Utara (Butur) berhasil mengamankan puluhan unit kendaraan. Masing-masing 82 unit kendaraan roda dua dan 2 unit roda empat yang telah ditilang.

Diketahui, operasi itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yang dimulai sejak 10 sampai 23 Juli 2023.

Kasat Lantas Polres Butur, Iptu Usman Lana, S.H mengatakan, para pelanggar untuk roda dua lebih didominasi oleh anak dibawah umur, termasuk komponen kendaraan itu sendiri dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNBK).

Sebagian besar yang terjaring dalam operasi tersebut adalah anak di bawah umur yang menggunakan kendaraan bermotor untuk mobilisasi ke sekolah.

Usman Lana mengungkapkan, selama operasi patuh anoa ada pelanggar yang berupaya melawan, namun itu hal yang biasa terjadi karena masyarakat belum memahami regulasi berkendara yang baik dan benar, sehingga mereka melakukan perlawanan.

“Bahwa tindakan yang mereka lakukan itu menurut mereka benar, padahal dalam regulasi berkendara yang baik dan benar itu, mereka tidak dibenarkan dalam undang-undang,” ujar Usman Lana kepada awak media di kantornya, Senin (17/7/2023).

Usman menjelaskan, tujuan operasi itu untuk meminimalisir angka pelanggaran, meminimalisir korban yang berdampak pada fatalitas korban kecelakaan, dan yang lebih utama adalah agar masyarakat bisa tertib berlalulintas di jalan raya.

Dalam pelaksanaan operasi, jika ada pelanggar lalu lintas, pihaknya melakukan penegakan hukum melalui tilang. Kata Usman, ada dua macam penyelesaian tilang, yaitu secara online melalui Bank BRI dan mengikuti sidang di pengadilan sampai menunggu putusan sidang, baru pihaknya mengeluarkan barang bukti yang ditahan dalam pelaksanaan kegiatan operasi.

Dia mengungkapkan, pihaknya lebih banyak melakukan hunting atau patroli. Ketika menemukan pelanggaran, sudah pasti akan dilakukan penegekan hukum.

“Pelaksanaan kegiatan operasi itu dilaksanakan 1×24 jam setiap harinya yang didukung dengan legalitas personel,” tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya operasi ini khususnya di wilayah Butur, bisa mewujudkan ketertiban, kelancaran dan keselamatan berlalulintas di jalan raya sehingga aktivitas masyarakat bisa aman kondusif, damai dan lancar.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Buton Utara mari kita patuhi peraturan lalu lintas di jalan raya. Semua itu tidak terlepas dari pada untuk keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalulintas di jalan raya” harapnya.

Laporan: Aris

Editor

Comment