Pemda Butur Gelar Bimtek Pengembangan Produk UMKM

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Peningkatan perekonomian masyarakat menjadi salah satu fokus pemerintah dalam mewujudkan Buton Utara (Butur) yang maju, adil dan sejahtera.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Hardhy Muslim, S.H, M.Si dalam sambutannya saat membuka dengan resmi Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Ekonomi Kreatif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di aula Bappeda Butur, Selasa (26/9/2023).

Bimbingan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam pengembangan produk usaha yang berkualitas sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Hardhy Muslim mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu penggerak ekonomi diperlukan dorongan program berkelanjutan, dengan pemanfaatan produk lokal, serta mengedepankan kreatifitas dan pembaruan.

Menurutnya, ekonomi kreatif merupakan proses penciptaan, kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa, yang mana dalam prosesnya dibutuhkan kreativitas dan kemampuan intelektual.

“Melalui bimtek ini pelaku usaha bisa lebih adaptif, kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk yang bisa menggugah selera dan kebutuhan pasar,” ucapnya.

Adapun pelaku usaha yang hadir mengikuti kegiatan itu berjumlah 40 orang, terdiri dari pengusaha kriya dan kuliner di Kabupaten Butur

Narasumber kegiatan ini berasal dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Biro ULP Provinsi Sultra dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra.

Laporan: Aris

Editor

Comment