Masyarakat Wua-Wua Keluhan Persoalan Banjir

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Subhan, menggelar kegiatan reses masa sidang II tahun 2023 di Kantor Kecamatan Wua-Wua, Kamis (16/02/2023).

Sejumlah masyarakat menyampaikan aspirasinya di hadapan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Diantara beberapa keluhan yang berhasil diserap, persoalan banjir yang kerap terjadi ketika musim.

Salah satunya disampaikan Nia, warga Kelurahan Mataiwoi. Menurutnya, banjir di musim hujan disebabkan drainase yang ada dilingkungannya tidak berfungsi dengan baik.

“Situasi kami saat hujan banyak yang kebanjiran, karena banyak got didepan rumah warga itu sudah mulai mendangkal,” katanya.

Selain itu, warga lain mengeluhkan tidak adanya drainase yang dibangun dilingkungannya sehingga menjadi penyebab sering terjadinya banjir.

Menanggapi keluhan tersebut, Subhan mengatakan, daerah yang mengalami banjir memang berada didaerah yang titik datarannya rendah.

Menurut Subhan, pembangunan drainase memang diperlukan terlebih pada daerah yang memiliki kepadatan penduduk. Namun, kata Subhan, drainase bisa menjadi kendala jika tidak tersedia penampungan aliran air.

“Seperti di Wua-Wua, walaupun drainasenya sudah diperbesar tapi dampaknya terjadi Bonggoeya. Karena kalau curah hujan tinggi ditambah air pasang, airnya turun dengan cepat,” jelas Subhan.

Ia membeberkan, penanganan banjir di Kota Kendari telah dilakukan melalui pembangunan kolam retensi yang sudah ada, serta penambahan beberapa kolam retensi yang direncanakan tahun ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya juga sudah mengusulkan pembangunan kolam retensi skala kecil disetiap daerah yang memiliki titik dataran yang rendah.

“Ini juga menjadi titik penekanan kami. Selain kolam retensi yang sudah dibangun dan yang rencananya akan dibangun, usulan kami juga, pembangunan kolam retensi skala kecil di setiap kecamatan atau kelurahan yang titik-titiknya rendah,” ucap Subhan.

Selain masalah banjir, Subhan juga berhasil mencatat beberapa keluhan lain dari masyarakat Kecamatan Wua-Wua. Diantaranya, masalah penerangan, pengaspalan jalan, pembangunan rumah ibadah serta pembangunan aula ditiap Kecamatan di Kota Kendari.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Comment