Pemkab Butur Terima Piagam Penghargaan WTP Lima Kali Berturut-turut

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menerima piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 dan plakat WTP 5 kali berturut-turut mulai Tahun 2017-2021.

Piagam dan plakat WTP tersebut diterima dari Kementerian Keuangan yang diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau Hariyanto, S.E., L.L.M, kepada Wakil Bupati Butur Ahali, SH., MH., di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Butur dan disaksikan oleh Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Senin (26/12/2022).

Wakil Bupati Butur, Ahali saat menyampaikan sambutan Bupati Butur mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPPN Kota Baubau yang telah menyerahkan secara langsung piagam penghargaan dan plakat WTP dari Menteri Keuangan RI kepada Pemkab Butur.

Menurutnya, penghargaan atas opini WTP dan capaian 5 kali WTP secara berturut-turut merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Butur serta menjadikan capaian tersebut menjadi spirit bagi jajaran pemerintah daerah untuk terus mempertahankan predikat opini WTP.

Selanjutnya, ia mengatakan, opini WTP bukanlah tujuan akhir dari pengelolaan keuangan, akan tetapi yang menjadi tujuan adalah begaimana upaya dalam meningkatkan kemanfaatan APBD dan APBN untuk kesejahteraan dan pelayanan masyarakat melalui program yang dilaksanakan secara tertib, taat pada ketentuan perundang-undangan, efektif, efisien serta transparan dan akuntabel.

“Opini WTP juga merupakan gambaran informasi kepada publik bahwa APBD kita telah dikelola secara ekonomis dan transparan, setiap rupiah uang rakyat yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan sesuai kaidah dan peraturan yang berlaku,” ujar Ahali.

Di tempat yang sama, Kepala KPPN Baubau Hariyanto, mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kementerian Keuangan RI atas capaian Pemkab Butur telah meraih WTP 5 tahun berturut-turut.

Hariyanto mengatakan, capaian WTP atas penyusunan LKPD adalah capaian tertinggi dari opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan telah memenuhi empat kriteria utama.

“Pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah SAP, kedua kecukupan pengungkapan sesuai dengan SAP, ketiga, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan keempat, efektivitas sistem pengendalian intern,”ungkapnya.

Laporan: Aris

Editor

Comment