Bupati Butur Angkat Bicara Soal PLTS Puskesmas Lambale yang Tidak Berfungsi

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Bupati Buton Utara (Butur), Dr. H. Muh Ridwan Zakariah angkat bicara terkait pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Puskesmas Lambale, Kecamatan Kulisusu Barat yang saat ini sudah tidak berfungsi.

Menanggapi hal itu, Bupati Ridwan Zakariah meminta untuk segera dilakukan perbaikan PLTS tersebut.

“Saya kira memang harus perbaiki. Kalau harus diganti, ya diganti,” kata Ridwan Zakariah kepada awak media, usai mengikuti rapat di Kantor DPRD setempat, Selasa (25/7/2023).

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Zainal Arifin menambahkan, terkait PLTS tersebut, PPK nya nanti yang akan mengevaluasi sampai dimana pekerjaannya.

“Kalau masa pemeliharaannya ada PPK nya, PPK nya nanti yang akan mengevaluasi sampai dimana pekerjaannya,” kata Zainal Arifin.

Diberitakan sebelumnya, baru beberapa bulan dipakai setelah selesai dikerjakan, PLTS Puskesmas Lambale, Kecamatan Kulisusu Barat saat ini sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Salah seorang perawat jaga Puskesmas Lambale, Mulyono mengaku, awalnya penggunaan listrik PLTS di Puskesmas tersebut masih bagus atau berfungsi. Namun, menurutnya saat terakhir kali tim teknisi datang di PLTS Puskesmas Lambale, ia menduga ada yang dirubah oleh tim teknisi, setelah teknisi pulang, PLTS sudah tidak berfungsi.

“Sempat berfungsi beberapa bulan,” ujar Mulyono kepada awak media di Puskesmas Lambale, Jumat lalu (21/7/2023).

Ia mengaku, tim teknisi PLTS terakhir datang di Puskesmas saat Bulan Puasa, atau tepatnya Bulan Maret 2023.

Laporan: Aris

Editor

Comment