Seleksi Perangkat Desa Bubu Barat Tak Libatkan DPMD

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, BUTON UTARA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buton Utara (Butur), Mohammad Amaluddin Mokhram, S.S, M.Si angkat bicara terkait polemik seleksi calon perangkat Desa Bubu Barat. Dimana seorang peserta seleksi yang memiliki nilai tertinggi, namun tersingkir.

Terkait polemik itu, Amaluddin mengaku sudah mengecek ke Kepala Bidang Pemdes, rupanya DPMD tidak dilibatkan dalam proses penjaringan dan penyaringan calon perangkat Desa Bubu Barat.

“Saya sudah cek ke Kabid Pemdes, rupanya DPMD tidak dilibatkan dalam prosesnya kemarin. Jadi kami belum paham betul proses yang telah terjadi. Namun demikian, kami akan segera berkoordinasi dengan camat, kades dan panitia penjaringan dan penyaringan seputar polemik perangkat di Bubu Barat ini,” kata Amaluddin saat dihubungi, Sabtu (12/8/2023).

Amaluddin menerangkan, penjaringan dan penyaringan perangkat harus diketahui dan mendapat persetujuan camat. Sesuai aturan, SK Kades itu harus mendapat rekomendasi camat.

Sebelumnya telah diberitakan, Uji Suyitno, S.H seorang peserta penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa Bubu Barat, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), memiliki nilai tertinggi namun tersingkir. Pesaingnya yang nilainya lebih rendah justru mendapat SK dari kepala desa (Kades) setempat.

Laporan: Aris

Editor

Comment