Lantik 75 Anggota PPK, Ketua KPU: Jaga Integritas

banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KOLAKA UTARA — Sebanyak 75 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 Resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui dari jumlah 75 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan terpilih dari 15 Kecamatan dari data tersebut masing-masing Kecamatan terpilih sebanyak 5 orang.

Selain Ketua KPU, Nurgalia, bersama Anggota KPU Kab. Kolaka Utara Supyan,Robi, Misbah, aswar, serta Sekretaris KPU, Muhammad Haris yang melaksanakan kegiatan pelantikan, Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara,Dr. Sukanto Toding, MSP., MA bersama Waka Polres,Kompol Mochamad Salman, Ketua Bawaslu,Rusdi dan Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Andi Adha Arsyad turut hadir menyaksikan acara tersebut.

Kegiatan pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan para Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dipusatkan di Hotel Berlian Lasusua,Kamis (16/5/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara, Nurgalia mengingatkan para Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) yang baru saja diambil sumpahnya sebagai Penyelenggara pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 untuk menjaga integritas.

” Anggota PPK harus patuh terhadap aturan-aturan yang berlaku, fakta Integritas harus di junjung tinggi dalam melaksanakan tahapan yang sedang berjalan dan harus selalu melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan atau stakeholder yang ada di setiap Kecamatan masing-masing.” ujar Nurgalia kepada Topiksultra.com saat di konfirmasi melalui Via WhatsAppnya. Kamis (16/5/2024)

Lebih lanjut, Nurgalia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah pelantikan terhadap mereka yang terpilih dan langsung bertugas dilapangan.

“Langsung bekerja dan segera menyesuaikan tahapan Pilkada Mereka harus bekerja secara profesional, jaga integritas dan patuh dgn aturan demi suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) tahun 2024,” katanya

Selain itu,Nurgalia menyebut setelah selesai pelantikan Anggota PPK langsung melakukan kegiatan selanjutnya yakni melakukan rapat pleno pemilihan ketua dan divisi.

“Betul mereka Pleno Pemilihan Ketua dan Divisi masing masing,”

Nurgalia juga memberikan selamat kepada mereka yang terpilih baik kepada yang baru bergabung menjadi anggota PPK maupun yang lama terpilih kembali.

“Dari 75 orang anggota PPK tersebut hampir 50% Mereka yang akan dilantik besok itu merupakan anggota PPK yang baru,dan selebihnya adalah anggota PPK yang lama (petahana),” ucapnya

Menurutnya, pelantikan dan penetapan hasil seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 sudah sesuai dengan keputusan sebagaimana yang dalam Keputusan nomor : 93/PP.04.2-Pu 7408/4/2024.

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj). Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding,MSP., MA
juga menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kolaka Utara terhadap segala kegiatan KPUD dan penyelenggara pemilu hingga ke tingkat TPS.

Bahkan pihaknya menekankan pentingnya koordinasi yang berkelanjutan antara semua pihak terkait untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Gubernur dan Wakil Gubernur pada tahun 2024 ini.

“Dengan pelantikan ini, kita berharap semua anggota PPK dapat bekerja sama dengan baik dan menjalankan tugas mereka dengan sebaik-baiknya untuk memastikan proses pemilihan berjalan lancar dan demokratis,” ungkapnya

 

Laporan: Ahmar

Editor

Comment