Dishut Sultra Terima Piagam Stand Pameran Terbaik Pada HUT Sultra Ke-59

Berita, Kendari, SULTRA153 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, KENDARI -Partisipasi Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pameran pembangunan peringatan Hari ulang Tahun (HUT) Sultra ke-59 mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra.

Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk piagam penghargaan kategori stand pameran terbaik yang diberikan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi kepada Kadishut Sultra, Ir. Sahid pada malam puncak HUT Sultra ke-59.

Kepala Dinas Kehutanan Sultra, Ir. Sahid mengatakan, penghargaan tersebut tidak lepas dari apa yang ditampilkan Dishut Sultra selama terselenggaranya pameran.

Sahid mengungkapkan, selama pameran, Dishut Sultra memamerkan produk-produk olahan kehutanan. Produk tersebut, kata Sahid, merupakan olahan yang diproduksi oleh masyarakat atau petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH).

“Karena dipameran itu kita menampilkan produk yang dihasilkan dari masyarakat atau petani-petani hutan. Dari petani yang berada disekitar kawasan hutan atau yang berada dalam kewasan hutan yang telah memiliki izin perhutanan sosial,” ungkap Sahid di ruang kerjanya, Selasa (16/05/2023).

Sahid menyebut beberapa produk olahan yang dipamerkan Dishut Sultra seperti, madu, kopi belut, gula merah, buah pala, minuman instan jahe, dan beberapa produk olahan lainnya.

Lebih lanjut, Sahid mengatakan, KTH sendiri merupakan program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan perlindungan kawasan hutan. Program tersebut memberi izin kepada masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan kawasan hutan.

“Kalau dulu masyarakat susah mengakses hutan, tapi sekarang dengan adanya program perhutanan sosial, masyarakat bisa mendapat izin untuk mengakses hutan,” ujarnya

Sementara itu, Koordinator Stand Pameran Dishut Sultra, Ardiansyah mengaku, saat pameran berlangsung masyarakat terlihat antusias berkunjung ke stand Dinas Kehutanan. Tercatat, kurang lebih 500 pengunjung yang mengunjungi Stand Dishut Sultra.

Ia mengatakan dalam pameran tersebut pihaknya juga menampilkan program-program perhutanan sosial, kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan yang sudah dilakukan, serta perizinan pemanfaatan kawasan.

“Itu beberapa diantaranya yang kami tampilkan di pameran HUT Sultra kemarin,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya.

Laporan: Rahmat Rahim

Editor

Related Posts

Jangan Ketinggalan Berita Lainnya

Comment