Pj Bupati Mubar Serhkan KUA – PPAS APBD 2024 di DPRD

Berita, Muna Barat112 Views
banner 468x60

TOPIKSULTRA.COM, MUNA BARAT- Penjabat (Pj) Bupati Kabupten Muna Barat (Mubar), DR. Bahri menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2024 ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mubar.

Penyerahan dokumen KUA – PPAS diterima langsung Ketua DPRD, WD. Siti Sariani Illaihi di Aula Kantor DPRD Mubar, Selasa, 25 Juli 2023.

Rapat sidang paripurna I tersebut berjalan khidmat. Dalam rapat yang digelar, dokumen tersebut kemudian dilanjutkan dengan pandangan masing – masing fraksi.

Terkait dengan pandangan empat fraksi yakini fraksi Perjuangn Bangsa, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem dan Fraksi Amanat Demokrasi Pembangunan Indonesia Raya menyepakati dan akan dibahas disidang selanjutnya.

Bahri mengatakan, penyerahan KUA-PPAS sebelumnya sudah melalui mekanisme dan menjadi acuan bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam menyusun Rancangan APBD tahun Anggaran 2024.

“Program prioritas kita hari ini merujuk kepada program Gubernur dan Presiden,” kata Bahri dalam sambutannya, Selasa, 25/72023.

Menurut Bahri, ketika akan menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024, maka pedomanya adalah RKP. Sehingga dalam penyusunan KUA-PPAS sebelum ditetapkan yang perlu dilihat adalah program pendekatan makro.

Direktur Anggaran Daerah Kemendagri menyampaikan bahwa penganggaran tahun anggaran 2024 difokuskan untuk target-target proritas pembangunan daerah.

“Jadi penuhi dulu yang sifatnya wajib. Kemudian yang menjadi prioritas dan target. Insyaalah kami akan ikuti masukan masukannya. Selanjutnya mari kita akan bahas sama – sama, semua yang disampaikan pimpinan dewan baik anggota Fraksi yang menjadi prioritas kami akan tindak lanjuti dalam penyusunan KUA – PPAS,” jelasanya.

Sementara Ketua DPRD Mubar, WD. Sitti Sariani Illaihi sepakat dengan penyerahan dokumen KUA – PPAS.

“Karena sudah sepakat semua, maka akan dibahas pada sidang selanjutnya,“ katanya.

Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa, LD. Rafiudin sangat mengapresiasi apa yang menjadi program Pj. Bupati Mubar, termaksud dokumen KUA – PPAS yang diserahkan. Dia mendukung karena progres yang disampaikan sangat berhubungan dengan pendekatan makro untuk pembangunan Mubar lebih baik lagi.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Pj Bupati hari ini dan menyepakati penyerahan dokumen KUA – PPAS 2024. Setelah ini kita akan bahas lagi disidang selanjutnya,” ucapnya.

Pandangan Fraksi Golkar yang diwakili langsung, La Kudja juga sangat mengapresiasi Bahri . Menurutnya, terkait dengan penyerahan dokumen yang selalu dibahas di rapat sidang selama menjadi Pj. Bupati selalu tepat waktu.

“Saya sangat mengapresiasi karena selalu tepat waktu,” singkat La Kudja.

Reporter : Muhammad Nur Alim.

Editor

Comment